" Kegiatan Menanam Pohon "

Assalamualaikum wr.wb

Rabu, 31 Januari 2018, bertepatan dengan kegiatan "Puncak Tema" SDIT Al-Lauzah dalam rangka Home Visite ke rumah teman sekelas. Kali ini 2 Utsman bin Affan 2 mengunjungi ke rumah Ananda Helga beralamat di Perum. Nusa Indah Pamulang. 

Keceriaan teman-teman sangat terlihat, sebelum kami berangkatt teman-teman kecil melakukan jurnal pagi, sholat dhuha setelah itu circle time menjelaskan adab ketika bertamu dan sambil ditulis di buku masing-masing.

Sebelum teman-teman kecil naik ke mobil Al-Lauzah dengan ditemani pengemudi pak Rohman saya dan teman-teman tak lupa membaca do'a keluar ruangan dan ketika naik kendaraan, kemudian teman-teman kecil antusias mencari posisi duduk mereka mengatur sendiri muslim dengan muslim, muslimah dengan muslimah.

Alhamdulillah sekitar pukul 08.30 wib. kami sampai di rumah Helga, keberangkatan kami sekitar pukul 08.00 wib. Kami sangat senang karena disambut dengan Mamah Helga serta peralatan dan perlengkapan kegiatan sudah sangat lengkap disiapkan di depan teras diatas meja. Sebelum mulai menanam pohon kami duduk membentuk duduk melingkar di alas permadani yang telah disiapkan Mamah Helga, kami pun memulai kegiatan dengan berdo'a terlebih dahulu dengan membaca surat Al-Fatihah dan do'a sebelum belajar agar kegiatan yang kami lakukan di lancarkan oleh Allah SWT.

Setelah itu, Mamah Helga menelaskan peralatan yang akan digunakan saat menanam pohon dan langsung melakukan kegiatan tersebut dengan menjelaskan langkah-langkahnya :
Pertama, membagikan pot yang telah diberi nama masing-masing untuk teman-teman kecil,
Kedua, memindahkan tanah dari sebuah wadah ember besar ke pot menggunakan skup dengan cara bergantian dengan teman sambil mengantri,
Ketiga, mengambil bibit pohon cabe dan tomat yang telah disediakan di wadahnya,
Keempat, setelah mengambil bibit pohon cabe dan tomat lalu teman kecil memberi lubang tanah di pot dan akar pohon di masukan kemudian di tambahkan lagi dengan tanah menggunakan skup,
Kelima, teman-teman kecil menyiram tanaman tersebut dengan air secukupnya agar tak layu dan tetap segar.
Langkah terakhir, teman kecil menyusun pot tanaman mereka di atas meja sesuai urutan nama abjadnya. 

Setelah itu mereka mencuci tangan menggunaka sabun yang telah disediakan, lalu kami berkumpul kembali dengan duduk melingkar sambil makan pudding, susu kotak dan pop corn yang telah disediakan oleh Mamah Helga. Sebagian teman-teman kecil ada yang memakan snack yang dibekali oleh Mamahnya dari rumah. Sambil makan Bunda Firda menyampaikan ulasan tentang kegiatan yang telah kami lakukan dalam menanam pohon.

Akhir kegiatan kami ditutup dengan do'a kafarat majlis dan naik kendaraan, lalu kami melakukan sesi foto-foto dengan teman-teman sambil memegang pot yang telah diberi nama. Kami pun tak lupa bertanggung jawab membersihkan sampah yang tertinggal lalu kami pun pamit dengan Mamah Helga. Sampai di sekolah kami melakukan kegiatan kembali yaitu Sentra Art.













Terima Kasih telah membaca tulisan saya, semoga tulisan yang saya buat ini bermanfaat bagi para pembaca. 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Harapan Tak Sesuai Dengan Kenyataan

Kita Punya Batasan

Jalan - Jalan Ke Maribaya Natural Hotspring Resort