Ketika Harapan Tak Sesuai Dengan Kenyataan

Assalamualaikum. Wr. Wb. 


Ketika kecil banyak hal yang diinginkan
aku ingin menjadi dokter, dosen,  profesor,  insinyur,  polwan, presiden dan lainnya.  Itulah cita-cita saat ia ditanya harapan kamu ingin jadi apa ketika besar nanti?  Begitu senangnya hati ini saat ditanya guru di sekolah,  lalu ia pun menulis harapannya dengan sangat serius di atas meja dan dihiasi gambar yang ia sukai. Setelah harapan itu di tulis lalu ia ceritakan ke guru ini bunda guru aku ingin menjadi ini bla... Bla...  Lalu ditanya dengan bunda guru oh ya kenapa kamu pilih harapan seperti ini banyak alasan dari ia yang sangat polos menjawabnya, sampai bunda guru pun memahami maksud yang ia ceritakan.  

Setelah ia melewati jenjang sekolah tahap demi tahap sampai pun ia sarjana, mungkin cita-cita yang ia harapkan ketika SD tak sesuai kenyataannya, banyak sebab faktor yang ia alami mungkin ia sudah berusaha tapi Allah swt.  Mentakdirkan beda apa yang ia harapkan selama ini.  Dalam hati marah,  kesal, pupus hati dan tak bersemangat lagi dalam menjalani hidup ini,  tapi ingat kawan ternyata apa yang Allah swt.  Tentukan itu baik untuk ia maka syukurilah apa yang Allah sudah tentukan bagi hidup kita,  dalam suatu riwayat al-qur'an menjelaskan mungkin saja yang kamu sukai belum tentu Allah menyukainya, bisa jadi apa yang kau tak sukai menjadi baik bagi kamu.  

Memang hidup ini kadang ia buat sulit "Ya Allah kenapa engkau berikan aku harapan seperti ini padahal aku sholat qiyamulail,  sholat dhuha,  zikir, dan ibdah sunnah serta wajib pun aku tak tinggalkan ya rabb kecuali memang aku berhalangan. "
Dengan sedikit kutipan diatas sebagian manusia kadangkala berkata dalam hati kecil seperti itu mungkin tak bisa dilupakan dalam waktu singkat, kadang ia pun menangis mengeluarkan air mata dan merenung mungkin ini yang terbaik buat ia. 

Sungguh hati memang jika saat ia mengalami suatu kegagalan rasanya ingin mencela dan bertanya apa dosa ia hingga ia dapat mengalami suatu harapan yang tak sesuai apalagi saat ada kesempatan untuk mencapai harapan tersebut malah gagal. 
Diluar kehendak ia,  semua sudah di takdirkan sangat indah tujuannya agar ia tahu ternyata kemampuannya hanya sebatas itu saja,  dan jika pun kau mendapatkan kesempatan coba lagi,  jika kau endapatakan harapan lain yang tak sesuai,  syukuri, nikmati dan ikhlas menjalankannya. 

Yakinlah semua yang Allah swt.  Sudah tetapkan tak ada yang sia-sia bagi hambanya yang berpikir,  boleh jadi itu adalah ladang pahala bagi kamu kawan. 
Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi para pembaca dan khususnya untuk penulis juga. 

Terima kasih atas kunjungannya. 
Wassalamualaikum. Wr. Wb. 

#selfremember
#pejuangharapan
#pejuangjadidoseniniharapansaya
#pejuangpengajarmanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JANGAN JADI MUSLIMAH BAPER-AN

Mengungkap Makna di Balik Hijrah