"Bila Kau Cinta Datang Saja ke Orang Tua ku"


"Cinta itu adalah anugrah terindah. Tapi, janganlan keindahannya kita nodai dengan melakukan sesuatu yang menjauhkan diri dari berkah. Cinta itu adalah amanah, marilah jangan kita khianati amanah dengan sikap dan tindakan yang menyimpang dari jalan Allah swt." ( Kutipan :M. Areya & Fathimah)
Nyatakan cinta mu kepada ku dan kepada orang tua ku juga, lamar aku kepada mereka, mintalah restu mereka untuk kita yang lebih suci. Sungguh perasaankanku kepadamu begitu dalam adannya, begitu suci sifatnya. Namun perasaan ini tidak ingin menjadi perantara ke jalan-jalan yang tidak semestinya dilakukan.
Mungkin ada suatu pertanyaan dibenak ikhwan "Saya sudah siap nikah ni, apa yang harus saya lakukan?"

Jalan pertama tentu saja harus ada sosok yang akan menjadi calon istri. Masa siap nikah tapi belum tahu atau belum ada calon yang diingkannya seperti apa ? Bagi laki-laki, diperbolehkan melakukan proses perkenalan dengan calon istrinya untuk memastikan bahwa benar-benar sesuai dengan calon yang diharapkan. Inilah disebutnya Ta'aruf.
Ta'aruf dilakukan ketika laki-laki benar-benar siap untuk menikah sehingga dalam proses ta'arufnya tidak terjadi hal sia-sia. Oleh karena itu, jika si laki-laki belum siap betul untuk menikah, maka sebaiknya dia mempersiapkan diri terlebih dulu.

Dalam beberapa pertanyaan tentang ta'aruf sebagi berikut :
1. Apakah boleh dalam proses ta'aruf kita menelpon, mengirim sms? menelpon atau mengirim sms hukumnya mubah selama aktivitas tersebut tidak mengajak dalam hal kemungkaran atau perbuatan yang membawa maksiat.
2. Lalu, bolehkan dalam proses ta'aruf kita berkunjung ke rumah wanita atau mengajak ketemuan di suatu tempat ? Boleh saja menagajak berbicara yang bukan mahram asalkan tidak ber-khalawat (berdua-duaan) selama dilakukan di tempat terbuka atau umum. Sehingga memungkinkan orang lain mendengar.

Dalam benak kalian mungkin bertanya Apa hikmah dari ta'aruf itu? hikmah yang bisa dipetik menjadikan hati kita makin mantap untuk menikahi calon yang sudah di tentukan. Kan sama aja seperti beli kucing didalam karung, malah dengan proses ta'aruf ini suatu proses dari aturan islam dari pada pacaran malah melakukan kemungkaran, hayoo pilih yang mana ? hihih...

Dalam proses siap menikah ini pun harus memiliki tujuan-tujuan yang baik ya sob, antara lain mentaati perintah Allah swt, Sunnah Rosul, menjaga kehormatan kamu dan menyempurnakan agamamu serta memperoleh keturunan yang shalih dan shalihah.

Sekian dulu ya sob, selamat bagi yang memutuskan untuk segera menikah. Tapi bagi yang belum mampu melakukan itu yuk lah perbanyak puasa saja biar jaga nafsu dan syahwat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

JANGAN JADI MUSLIMAH BAPER-AN

Ketika Harapan Tak Sesuai Dengan Kenyataan

Mengungkap Makna di Balik Hijrah