Saya putuskan Untuk Berhijab Syar'i



Assalamualaikum, wr.wb.

Kali ini aku mau bahas perjalanan hijrah ke hijab syar'i, mungkin kata hijrah ini sudah familiar bagi kalian ya? apalagi bagi para akhwat yang sudah istiqomah berhijab syar'i pasti sebelumnya banyak ya liku-liku perjuangan dalam perubahan yang cukup sulit harus dilewati dalam menjalankan kewajibannya.
Hidayah itu dijemput, bukan ditunggu. Allah swt, punya segala macam cara dan segala macam perantara untuk menyadarkanku. Allah Maha Besar.
Jilbab memang yang diwajibkan bagi para kaum wanita muslimah dengan berjilbab berati kita sudah mengikuti aturan Allah swt, sesuai aturan islam berjilbab itu dari ujung kepala sampai ujung kaki, kecuali telapak tangan dan wajah diperbolehkan terlihat yang telah diperintahkan oleh Allah swt terhadap muslimah di dunia. Ini termasuk cara Allah memuliakan wanita. Memakai jilbab itu hukumnya wajib.

Cerita awal memakai hijab syar'i ini pertama mengenakan kerudung itu waktu sekolah SMP, alhamdulillah sekolah itu mewajibkan muridnya untuk berkerudung, maklumlah anak labil suka buka lepas alias kaya portal jalan gitu hehehe...belum syar'i juga pakai kerudung masih zaman jahiliyah ya ikut tren zaman anak labil masih pakai kaos lengan panjang tapi ketat, celana jeans, dan kerudungnya pun suka digayain seperti kerudung turban terus sampai yang dililit-lilit pokoknya alay banget deh... kadang kalau diingat suka merasa sedih waktu dahulu, dan suka ngenes aja gitu coba waktu dulu aku jemput hidayah mungkin sudah berhijrah sekarang ini.

Fase demi fase dalam proses berhijab syar'i saya dulu mulai pakai rok, terus kerudungnya agak saya panjangkan sampai menutup dada, dulu kan masih tren kerudung paris jadi kalau warnanya terawang suka dipakai double jadi agak tebal dan gak terawang saat dipakai. 

Memasuki SMK Negeri aku masih yang dulu tetap pakai kerudung, walaupun sebagian teman ku, maaf yang dulunya kerudung setelah masuk sekolah menengah ke atas malah buka kerudung, kadang suka berfikir sangat disayangkan dan saat ketemu teman yang lepas kerudung itu ketika ketemu hampir lupa wajahnya.

Singkat cerita setelah lulus sekolah menengah ke atas, lanjut ke dunia kerja sambil kuliah tepat di tahun 2012, awal saya ikut kajian EL-FATH di Unpam terus ikut kajian remaja masjid di lingkungan sekitar. banyak ilmu yang di dapat dan awal saya kenal hijab syar'i ada temen kantor pakaiannya gamis terus celoteh sentak saya berkata sebut saja Indah namanya, kk kenapa sering pakai gamis dan kerudungnya lebar gitu apa gak gerah ya? terus temen saya berkata, gak kok ini nyaman buat aku sampai dijelasin hadits dan ayat yang menjelaskan menutup aurat. Waktu itu saya masih pakai celana jeans masih bisa dibilang belum sempurnah-lah.

Selang beberapa bulan saya ikut kajian khusus akhwat tiap minggu, awal datang pakai celana jeans saya memandang para teman yang datang kajian tersebut kok beda semua pakai gamis dan kerudung lebar, saya kira kajian biasa bertemu dengan ikhwan juga tapi ini khusus akhwat dan saat kajain tersebut pun pembahasannya tentang jilbab, masih disitulah saya rutin ikut kajian di dalam kampus dan diluar kampus juga, tapi sebelum memutuskan berhijab syar'i saya cari search ke google, ke gramedia cari buku tentang hijab syar'i, tanya temen, ustadzah sampai musrifah tentang berhijab syar'i banyak ilmu yang saya dapat dan sampai akhirnya saya mengerti dan paham. Setelah itu saya putuskan utk berhijab syar'i awalnya keluarga menentang tapi setelah dijelaskan keluarga terima, lambat hari suka ragu apalagi saat reuni teman lama serta sahabat lama, yang dulunya dikenal jauh dari alim atau sholehah. Tapi saat ini ketemu tetap sama sperti dahulu silaturahmi tetap dijaga mungkin penampilan berbeda dan sikap sedikit terjaga.

Seiring berjalannya waktu dengan memutuskan berhijab syar'i berbeda sekali rasanya. Saya semakin menjaga sikap, perkataan, serta haus akan ilmu agama. Hijab syar'i itu mudah, ada rumusnya biar lebih mudah :
  • Hijab syar'i = 24:31 + 33:59 - 33:33
  • Hijab Syar'i =  Qur'an Surat An-Nur 31 + Qur'an Surat Al-Ahzab 59 - Qur'an Surat Al-Ahzab 33
  • Hijab Syar'i = Kerudung yang luas hingga melabuh pada dada + Gamis yang lebar dan tidak ketat serta tidak transparan yang terulur sampai menutup mata kaki - Berdadan berlebih dan menonjolkan diri
Pesan : Jadikan sempurna hijabmu, penyempurna hijrahmu, keseriusan hijrahmu,dan in shaa allah jadi indah hijrahmu.
#Yuk Berhijab Syar'i




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Harapan Tak Sesuai Dengan Kenyataan

JANGAN JADI MUSLIMAH BAPER-AN

Mengungkap Makna di Balik Hijrah